Duka di Kaki Semeru
Duka di Kaki Semeru
Media Name :
Republika
Publish Date :
Monday, 06 December 2021
News Type :
Article Photo
Section/Rubrication :
Dampak Erupsi 2021
News Page :
8
News Size :
1,110 mmk
News Placement :
Front Cover Page
News URL :
-
Journalists :
-
Mindshare :
Geologi
Tonality :
Neutral
Topic :
Gunung Semeru
Ads Value :
111,000,000
PR Value :
555,000,000
Media Score :
-
Media Tier :
-
Gelap tiba-tiba meliputi wilayah Kabupaten Lumajang di sekitar Gunung Semeru, Sabtu (4/12). Awan tebal membubung melesat lekas dari kawah di puncak, mengalir deras membawa panas ke kaki gunung.

Abu menguar di udara dan kemudian luruh menenggelamkam puluhan rumah di desa-desa terdampak. Yang tak sempat melarikan diri terbakar, terpaksa meregang nyawa. Lainnya terluka dan harus menjalani perawatan.

Penghidupan sehari-hari warga setempat kembali terputus sementara. Semeru, gunung tetinggi 3.676 meter di atas permukaan laut itu kembali meluapkan hajatnya, menimbulkan duka untuk sementara. 

• Guguran awan panas Gunung Semeru terlihat dari Desa Sumberwuluh, Lumajang, Ahad (5/12). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat sedikitnya terjadi dua kali guguran awan panas, kemarin, sehingga warga yang berada di sekitar Semeru diharapkan tetap waspada.

• Sejumlah warga melihat jembatan Besuk Koboan atau biasa disebut Gladak Perak yang putus di Candipuro, Lumajang, Ahad (5/12). Jembatan penghubung jalur Lumajang-Malang tersebut putus akibat diterjang lahar dingin usai Gunung Semeru meletus.

• Foto udara kondisi permukiman warga yang tertimbun material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Ahad (5/12). Akibat awan panas guguran Gunung Semeru tersebut puluhan rumah warga rusak dan ratusan warga mengungsi.

• Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah korban yang tertimbun material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumberwuluh, Lumajang, Ahad (5/12). Sedikitnya 14korban dilaporkan meninggal akibat bencana tersebut.

• Warga yang terdampak abu vulkanis dari guguran lahar panas Gunung Semeru dievakuasi dari Desa Kamar Kajang, Lumajang, Ahad (5/12). Pemerintah setempat mengevakuasi warga di beberapa lokasi tersebut ke tempat yang lebih aman.

• Warga mengamati truk pengangkut pasir yang tertimbun material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumberwuluh, Lumajang, Ahad (5/12). Material guguran awan panas juga merendam sejumlah kendaraan warga.