Bantuan Mengalir ke Lumajang
Bantuan Mengalir ke Lumajang
Media Name :
Republika
Publish Date :
Monday, 06 December 2021
News Type :
Article
Section/Rubrication :
Publik
News Page :
7
News Size :
420 mmk
News Placement :
Front Cover Page
News URL :
-
Journalists :
Ali Yusuf, Wahyu Suryana
Mindshare :
Geologi
Tonality :
Neutral
Topic :
Gunung Semeru
Ads Value :
42,000,000
PR Value :
126,000,000
Media Score :
-
Media Tier :
-
Resources
  1. Khofifah Indar Parawansa - Gubernur Jawa Timur
  2. Jusuf Kalla - Ketua Umum PP Dewan Masjid Indonesia (DMI)
SURABAYA — Berbagai pihak mulai menyalurkan bantuan ke wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Warga juga diminta terus mengulurkan tangan untuk saudara-saudara yang terdampak.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan, telah memerintahkan BPBD Jatim dan Dinas Sosial mengirim bantuan tenaga, peralatan, hingga logistik untuk penanganan warga terdampak erupsi, termasuk pengungsi. Ratusan paket bantuan untuk masyarakat Kabupaten Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru, telah dikirim ke Lumajang sejak Sabtu (4/12) malam.

Paket bantuan yang dikirimkan berupa beras, lauk pauk, tambah gizi, selimut, family kits, baju anak-anak, dan sembako. Selain itu, bantuan lain juga dikirimkan, yaitu terpal, kantong mayat, pampers, masker kain, masker medis, sandang, air, biskuit bayi, minyak telon, minyak kayu putih, dan suplemen.

Selain itu, juga dikirimkan juga alat-alat evakuasi. “Saya bersama bupati Lumajang meninjau lokasi kejadian dan menyisir apa-apa saja yang dibutuhkan masyarakat," ujar khofifah saat meninjau dampak erupsi Gunung Semeru di Dusun Renteng, Desa Sumberwuluh, Lumajang, Ahad (5/12).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga telah mengirimkan bantuan logistik awal senilai Rp 1,1 miliar dalam bentuk makanan siap saji, selimut, masker, dan tenda pengungsi untuk mempercepat penanganan darurat erupsi Gunung Semeru. Menurut keterangan BNPB yang diterima di Jakarta pada Ahad, sejak Sabtu (4/12) telah diberikan bantuan makanan siap saji 1.374 paket, lauk pauk 1.377 paket, selimut 2.000 lembar, matras 900 lembar, masker KF94 20 ribu buah, serta dua unit tenda pengungsi.

Ketua Umum PP Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla, meminta seluruh takmir (pengurus) masjid untuk ikut bergotong royong membantu pengungsi yang terdampak erupsi Gunung Semeru. “Bila masjid diperlukan untuk menampung pengungsi, segera dipersiapkan dengan sebaik-baiknya,” kata Jusuf Kalla dalam siaran pera, Ahad (5/12).

Tim Disaster Management Center (DMC) dari Dompet Dhuafa cabang Jawa Timur, juga telah tiba di lokasi titik evakuasi pada Ahad dini hari. Dari pantauan tim di lapangan, kebu-tuhan medis menjadi yang paling mendesak. Puskesmas Penanggal,

Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, menjadi yang terdekat untuk evakuasi warga dan saat ini kewalahan menangani warga yang mengalami luka bakar derajat 1 dan 2.

"Menurut laporan tim di lapangan, saat ini puskesmas terdekat sudah kewalahan. Karena permintaan peno-longan pertama akan luka bakar membeludak," kata Shofa Al Quds, selaku GM Respons DMC Dompet Dhuafa, melalui keterangan tertulisnya kepada Republika, Ahad (5/12).

Ia menyatakan, waiga dengan kondisi luka bakai- derajat 1 dan 2 memenuhi ruangan yang ada di Puskesmas Penanggal, Candipuro. Jadi, selain evakuasi, kebutuhan penanganan medis menjadi kebutuhan mendesak. "Ada kasus luka bakar dan mungkin infeksi saluran pernapasan atas. Maka itu, tim medis dari Madiun dan Surabaya, kami kerahkan dengan cepat," katanya.

Shofa menegaskan, untuk menguatkan respons medis di lokasi, tim dari Jakarta akan melengkapi kebutuhan obat-obatan dan perlengkapan medis darurat

Ketua MDMC PP Muhammadiyah, Budi Setiawan, juga menginstruksikan kepada relawan M DMC di Jawa Timur untuk segera melakukan tindakan kesiapsiagaan.

?antaraed: frtrryan zamzami