Gempa di Atas 5 M Guncang Jayapura dan Simeulue
Gempa di Atas 5 M Guncang Jayapura dan Simeulue
Media Name :
Media Indonesia
Publish Date :
Monday, 06 December 2021
News Type :
Article
Section/Rubrication :
Humaniora
News Page :
13
News Size :
220 mmk
News Placement :
Front Cover Page
News URL :
-
Journalists :
Fer, H-1
Mindshare :
Geologi
Tonality :
Neutral
Topic :
Gempa Jayapura
Ads Value :
27,720,000
PR Value :
83,160,000
Media Score :
-
Media Tier :
-
Resources
  1. Abdul Muhari - Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB
GEMPA bumi berkekuatan 5 magnitudo (M) lebih kemarin melanda wilayah Papua dan Aceh. Di Kota Jayapura, Papua, kapasitas gempa 5,3 M terjadi sekitar 06.30 WIT, kemarin.

Sejauh ini tidak ada laporan baik korban jiwa maupun kerusakan akibat guncangan gempa tersebut. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura menginformasikan guncangan dirasakan sedang oleh warga dan berlangsung sekitar 2 hingga 3 detik.

"Tidak ada laporan kepanikan warga akibat guncangan gempa pagi tadi. Laporan BPBD setempat, gempa tidak memicu terjadinya tsunami," kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, kemarin. Parameter gempa berada pada 87 km Barat Laut Jayapura dengan kedalaman 10 km. Pada skala Modified Mercalli Intensity, kekuatan guncangan dijayapura pada ll-lll MMI dan Sentani II MMI.

Gempa berkekuatan 5 M juga terjadi di Sinabang, Kabupaten Simeulue, Aceh, Sabtu (4/12) malam pukul 22.29 WIB. Informasi dari BMKG, gempa terjadi pada kedalaman 10 km. Pusat gempa berada di koordinat 2,87 LU dan 95,29 BT atau 126 km Barat Laut Sinabang. (Fer/H-1)