PLN Resmikan Kampung Sentra Kreatif Budaya Betawi
PLN Resmikan Kampung Sentra Kreatif Budaya Betawi
Media Name :
Pos Kota
Publish Date :
Saturday, 04 December 2021
News Type :
Article
Section/Rubrication :
Nasional
News Page :
5
News Size :
600 mmk
News Placement :
Front Cover Page
News URL :
-
Journalists :
ruh
Mindshare :
BLU & Umum
Tonality :
Neutral
Topic :
PLN
Ads Value :
18,000,000
PR Value :
54,000,000
Media Score :
-
Media Tier :
-
Resources
  1. Amien Haji - Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Barat,
  2. Sigit Arimurti, - Manager UP3 Menteng PLN UID Jakarta Raya,
JAKARTA (Poskota) -PLN resmikan Kampung Sentra Kreatif Budaya Betawi di RW 006 Kota Bambu Selatan, Jakarta Barat, Kamis, 2 Desember 2021.

Hal ini dilakukan PLN sebagai upaya mendukung pengembangan ekonomi kreatif berbasis Budaya Betawi.

“Kami mengapresiasi langkah PLN yang telah mendukung kelestarian budaya Betawi melalui pembentukan Kampung Sentra Kreatif Betawi ini,” ucap Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Barat, H. Amien Haji.

Sementara itu, Manager UP3 Menteng PLN UID Jakarta Raya, Sigit Arimurti, mengungkapkan Kampung Sentra Kreatif Budaya Betawi ini berfungsi sebagai wadah pengembangan masyarakat dari sisi lingkungan, sosial, ekonomi, dan budaya.

berkolaborasi mendukung berbagai program seperti penghijauan dan penataan lingkungan, pengelolaan sampah, pembuatan seni mural bertema betawi di lorong-lorong jalan, pembinaan kesenian Betawi, sampai dengan pembinaan Usaha Mikro Kecil (UMK),” tandas Sigit.

Lebih lanjut Sigit menambahkan Sentra Kreatif Budaya Betawi merupakan salah satu bentuk dukungan PLN Peduli terhadap program Pemprov DKI sebagai Kota Kolaborasi dan menjadi bagian Sustainable Development Goals dalam hal pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

Adapun Sentra Kreatif Budaya Betawi membawahi lebih dari 30 pelaku UMK di kelurahan Kota Bambu Selatan yang identik dengan budaya Betawi. Seperti kuliner, kerajinan, dan kesenian Betawi. Pengelolaan UMK ini bertujuan agar pemasaran lebih terarah sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.

Sentra Kreatif Budaya Betawi di bawah pimpinan Ririn Kusumawati merupakan upaya pelestarian Budaya Betawi di tengah derasnya arus budaya negara lain.

Memasuki lorong-lorong di Kota Bambu Selatan, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan mural bernuansa betawi. Banyak juga UMK yang menjual dagangan khas Betawi di depan rumah.

Lingkungan asri, bersih dan kebun tanaman obat juga semakin membuat nyaman berada di sana. Pemuda yang berlatih kesenian Betawi seperti Gambang Kromong, Palang Pintu, Pencak Silat, maupun Ondel-Ondel juga bisa dijumpai di tengah aktifitas warga, (ruh)