PLN Perkuat Kawasan Industri di Kabupaten Tangerang
PLN Perkuat Kawasan Industri di Kabupaten Tangerang
Media Name :
Investor Daily
Publish Date :
Saturday, 04 December 2021
News Type :
Article
Section/Rubrication :
Energy
News Page :
9
News Size :
150 mmk
News Placement :
Front Cover Page
News URL :
-
Journalists :
rap
Mindshare :
BLU & Umum
Tonality :
Neutral
Topic :
PLN
Ads Value :
18,750,000
PR Value :
56,250,000
Media Score :
-
Media Tier :
-
Resources
  1. Ratnasari Sjamsuddin - General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB)
JAKARTA - PT PLN (Persero) melakukan pemberian tegangan (energize) tiga infrastruktur ketenagalistrikan cli Kabupaten Tangerang. Jawa Barat. Pengoperasian tiga infrastruktur ini guna memperkuat sistem kelistrikan di wilayah tersebut.

Ketiga infrastruktur ketenagalistrikan tersebut berhasil energize secara marathon. Infrastruktur yang pertama beroperasi adalah Ext 2 Line Bay Gardu Induk 150 kilovolt (kV) Sepatan dan transmisi 150 kV Sepatan II-Sepatan pada 27 November kemarin, disusul Gardu Induk Digital (GID) 150 kV Sepatan II pada 29 November. Nilai investasi ketiga proyek ini sebesar Rp 118.6 miliar.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) Ratnasari Sjamsuddin mengungkapkan, proyek GID 150 kV Sepatan II merupakan Gardu Induk dengan teknologi yang mutakhir. GID menerapkan teknologi digital pada gardu induk konvensional untuk menunjang pengoperasian gardu induk secara remote dan tanpa operator.

“Tentunya hal ini menjadi keunggulan, di mana data yang mampu dikirimkan ke control center lebih banyak, sehingga kontrol jarak jauh lebih baik." kata Ratna di Jakarta. Jumat (3/12).

Keunggulan lain GID ini. tambahnya, seperti pengurangan kabel tembaga hingga 80% dan digantikan dengan kabel fiber optik. Hal ini berimplikasi positif pada pengurangan material berat yang digunakan sehingga meminimalisasi material yang diangkut dan berdampak pada pengurangan emisi CO2 pada saat proses pengangkutan. Selain itu. dengan adanya sistem pengoperasian yang bersifat remote akan meningkatkan keamanan dari instalasi tersebut.

"Serta mengurangi potensi kecelakaan kerja seperti sengatan listrik (electrical shock} karena aspek kesehatan dan keamanan ketenagalistrikan bisa dikontrol dengan maksimal.” ujar Ratnasari.

Selanjutnya, jelas Ratnasari. transmisi 150 kV Sepatan II-Sepatan terdiri dari 8 tower dengan panjang saluran 1.699 kilometer sirkuit (kms) di Sepatan. Kabupaten Tangerang. Proyek ini akan mendapatkan pasokan listrik dari GI 150 kV Sepatan eksisting.

Dikatakannya, kebutuhan akan listrik yang terus meningkat di setiap tahun menuntut PLN harus siap memenuhi ekspektasi publik, khususnya untuk mendukung kawasan Industri dan pemukiman di Kabupaten Tangerang dan sekitarnya.