Pertamina Hulu Energi Resmi Kuasai 51% Saham Elnusa
Pertamina Hulu Energi Resmi Kuasai 51% Saham Elnusa
Media Name :
Media Indonesia
Publish Date :
Saturday, 04 December 2021
News Type :
Article
Section/Rubrication :
Ekonomi
News Page :
19
News Size :
200 mmk
News Placement :
Front Cover Page
News URL :
-
Journalists :
(Ins/Ant/E-3)
Mindshare :
Minyak Dan Gas Bumi
Tonality :
Neutral
Topic :
-
Ads Value :
31,800,000
PR Value :
95,400,000
Media Score :
-
Media Tier :
-
Resources
  1. Ali Mundakir - Direktur Utama Elnusa
PT Pertamina Hulu Energi (PHE) resmi menguasai 51% saham PT Elnusa Tbk yang bergerak dalam bisnis penyediaan jasa energi nasional. Bursa Efek Indonesia menyatakan transaksi jual-beli kepemilikan saham perseroan yang sebelumnya dimiliki Dana Pensiun Pertamina (DPP) sebesar 9,9% telah dibeli PHE pada 1 Desember 2021.

"Dengan adanya transaksi tersebut, PHE menjadi pemegang saham mayoritas Elnusa sebesar 51%," kata Direktur Utama Elnusa Ali Mundakir dalam keterangannya di Jakarta, kemarin.

Ali menjelaskan aksi korporasi yang dilakukan PHE itu merupakan sinyal positif bagi perseroan sekaligus bukti nyata dari upaya penguatan dalam pembentukan subholding upstream Pertamina dan penyelarasan lingkup bisnis inti pada sektor hulu minyak dan gas bumi.

"Kami akan meningkatkan sinergi dan kolaborasi untuk mendukung kinerja operasional subholding & upstream ke Elnusa sebagai pemegang saham pengendali," ujar Ali.

Lebih lanjut, dia berkeyakinan melalui langkah strategis dari PHE tersebut akan semakin mengukuhkan posisi Elnusa sebagai perusahaan nasional jasa energi di Indonesia karena memiliki segmentasi bisnis yang lengkap dalam jasa energi, dari hulu sampai hilir.

Aksi korporasi itu diharapkan mampu memberikan solusi total kepada pelanggan dan pada akhirnya akan memberikan keuntungan serta meningkatkan nilai layanan yang lebih baik untuk klien juga para pemegang saham.