TOBA Suntik SUN US$8 Juta
TOBA Suntik SUN US$8 Juta
Media Name :
Bisnis Indonesia
Publish Date :
Friday, 03 December 2021
News Type :
Article
Section/Rubrication :
Korporasi
News Page :
13
News Size :
465 mmk
News Placement :
Inside Page
News URL :
-
Journalists :
Annisa Saumi
Mindshare :
EBTKE
Tonality :
Neutral
Topic :
Investasi EBT
Ads Value :
58,125,000
PR Value :
174,375,000
Media Score :
-
Media Tier :
-
Resources
  1. Dicky Yordan - Direktur Utama TBS Energi Utama
  2. Philip Lee - Direktur Utama SUN Energy

Bisnis, JAKARTA - PT TBS Energi Utama Tbk. makin memantapkan posisinya untuk menjadi perusahaan energi dengan berinvestasi senilai US$8 juta ke perusahaan energi baru terbarukan Solar United Network Pte .Ltd. (SUN).

Investasi dilakukan emiten bersandi saham TOBA itu melalui anak usahanya, PT Toba Bara Energi (TBAE).

Selanjutnya, TBAE menyerap saham baru yang diterbitkan oleh SUN.

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Direktur Utama TBS Energi Utama, Dicky Yordan mengungkapkan TBAE membeli 523.703 saham SUN dengan nilai investasi senilai US$8 juta. "Dana hasil penerbitan saham akan digunakan antara lain untuk ekspansi usaha SUN dalam bidang renewable energy," tulisnya, Kamis (2/12).

Dia menjelaskan investasi yang dilakukan TOBA melalui TBAE pada SUN merupakan salah satu bentuk pelaksanaan strategi pengembangan bisnis emiten untuk menghilangkan jejak karbon, serta mencapai target net zero emission pada 2030.

Manajemen TOBA memastikan, investasi perseroan melalui TBAE itu tidak mempengaruhi kegiatan operasional yang saat ini berjalan. "Secara jangka panjang, investasi ini akan memberikan tambahan pendapatan, serta memperkuat kondisi keuangan emiten," katanya.

Pada (22/11), PT Surya Utama Nuansa (SUN Energy) mengumumkan pihaknya telah menutup putaran pendanaan Seri A mereka sebesar US$25 juta, dengan nilai perusahaan sebesar US$200 juta.

Dalam keterangan resmi SUN Energy, pendanaan itu dipimpin oleh konglomerat terkemuka di Asia Tenggara, termasuk perusahaan energi terintegrasi terkemuka di Indonesia, TBS Energy Utama, melalui anak perusahaannya, PT Toba Bara Energi.

Selain itu, PT Delta Dunia Makmur Tbk. (DOID) dan sekelompok pengusaha terkemuka di kawasan turut serta dalam putaran pendanaan tersebut. "Potensi energi surya di Indonesia sangat besar dan kami sangat senang dengan mitra Seri A kami untuk bergabung dengan kami dalam perjalanan transformasional ini.

Kami akan terus mengubah lanskap energi terbarukan di kawasan ini dengan proyek-proyek inovatif dan inovasi teknologi," kata Direktur Utama SUN Energy Philip Lee.
(Annisa Saumi)